PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Farisah Harahap Universitas Negeri Medan
  • Monica Napitupulu Universitas Negeri Medan
  • Jessica Sitepu Universitas Negeri Medan
  • Miranda Simanjorang Universitas Negeri Medan
  • Fadillah Nurhazlinda Universitas Negeri Medan
  • Rendy Simarmata Universitas Negeri Medan
  • Halim Simatupang, M.Pd Universitas Negeri Medan
  • Amrizal, M.Pd Universitas Negeri Medan
  • Nilawati, S.Pd Universitas Negeri Medan

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Model Role Playing, Minat Belajar

Abstract

Abstrak

Proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan minat akan berdampak pada prestasi belajar yang kurang baik bagi siswa. Dapat dikatakan bahwa melalui metode pembelajaran yang tepat dapat menimbulkan minat belajar siswa. Dari hasil wawancara di kelas menyatakan bahwa banyak guru yang menemukan kendala, karena kurangnya variasi dalam metode pembelajaran. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana  efektifitas penerapan metode role playing terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran role playing pada siswa serta ada atau tidaknya peningkatan minat belajar siswa. Minat belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi dapat terakomodasi saat bermain peran (Role Playing) . Dalam bermain peran siswa bukan hanya aktif secara fisik, tetapi juga melibatkan beberapa aktifitas mental berupa kegiatan bertanya, berpendapat, menjawab pertanyaan dan menanggapi pendapat. Adapun penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada peningkatan minat belajar siswa saat berlangsungnya pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing mampu meningkatkan minat belajar siswa.

References

Endang, Komara. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Khaerani, Cahya. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Pada Gerak Tumbuhan Di SMP Muhamadiyah Tangerang. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah, 2010.

Marleni, Lusi. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang.” Jurnal Cendekia 1, no. 1 (2016).

Pratiwi, Irmadani, dan Dyah Ayu Puspitaningrum. “Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Rendah SDN Kupang Curahdami Bondowoso.” FKIP E-PROCEEDING, 2018.

Rahmi, Imelda, Nurmalina Nurmalina, dan Moh Fauziddin. “Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Journal on Teacher Education 2, no. 1 (2020).

Saputri, Noni Marlinia. Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Melalui Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Tompegunung Tahun 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah, 2014.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suwandi, Joko. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: PSKGJ-FKIP UMS, 2011.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Farisah Harahap, Monica Napitupulu, Jessica Sitepu, Miranda Simanjorang, Fadillah Nurhazlinda, Rendy Simarmata, Halim Simatupang, M.Pd, Amrizal, M.Pd, & Nilawati, S.Pd. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 535–551. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/115