PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI KODULAR PADA TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SDN 060874 MEDAN PERJUANGAN T.A 2022/2023

Authors

  • Jhon Andrey Sitanggang Universitas Negeri Medan

Keywords:

Research and Development, ADDIE, Media Pembelajaran Berbasis Android, Aplikasi Kodular, Kelas V Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam tujuan untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Kodular Pada Tema 5 Subtema 2 di Kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE berupa 5 tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini mengambil subjek untuk memperoleh data, yaitu validator ahli media, validator ahli materi, praktisi pendidikan, dan 20 siswa kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen wawancara, kuesioner atau angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Kodular “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rincian nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli media memperoleh rata-rata skor 4,7 kategori “Sangat Baik” dengan persentase kelayakan 94,8% kategori “Sangat Layak” dan hasil penilaian kelayakan materi oleh validator ahli materi memperoleh rata-rata nilai 4,5 kategori “Sangat Baik” dengan persentase kelayakan 90,37% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas yang dilakukan oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil rata-rata nilai sebesar 4,6 kategori “Sangat Baik” dengan persentase kepraktisan 92,97% kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji keefektifan media, nilai rata-rata siswa meningkat dari 66 kategori “Cukup” dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” sebelum menggunakan media dan meningkat menjadi 85,75 kategori “Sangat Baik” dengan kriteria ketuntasan “Tuntas” setelah menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Kodular pada tema 5 subtema 2 di kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023 sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan oleh siswa pada proses pembelajaran.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriana, N. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik. Lampung: Raden Intan

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mamat, S. (2013). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: Rajawali Pers

Murya, Y. (2014). Pemrograman Android Black Box. Jakarta: Jasakom

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rumengen, J. (2010). Metodologi Penelitian Dengan SPSS. Batam: UNIBA PRESS.

Simbolon, N. 2017. Project Based Learning Implementation To Enable Student’s Activities: School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 4(2), 1-8

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharti. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Jakad Media Publishing

Widoyoko, E. P. (2011). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Jhon Andrey Sitanggang. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI KODULAR PADA TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SDN 060874 MEDAN PERJUANGAN T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(3), 2510–2532. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1233